Jumat, 02 November 2012

Contoh Bentuk Ketidakadilan Gender dalam Keluarga


 

Gambar Pekerjaan domestik (pekerjaan di dalam rumah)

Salah Satu Contoh Kegiatan Sehari-hari Wanita Karir:
Pagi
Pergi ke pasar, memasak sarapan, mencuci pakaian, menyiapkan anaknya pergi ke sekolah, bersiap diri untuk kerja.
Siang
pulang kerja, menyiapkan makan siang, mencuci piring, istirahat
Sore
mengajar ngaji
Malam
menyiapkan makan malam, mencuci piring, menemani anak untuk mengerjakan PR, menyiapkan pekerjaan terkadang mengerjakan tugas.



Hal tersebut merupakan kewajiban sehari-hari yang pokok, belum termasuk pekerjaan tambahan lainnya. Ini salah satu bentuk dari ketidakadilan gender dalam lingkup keluarga, yaitu beban ganda. Ini biasa terjadi pada perempuan atau Ibu, selain pekerjaan rumah tangga ada juga tanggungg jawab pekerjaan yang menjadi profesinya.
Di masyarakat pada umumnya, anak dari kecil sudah ditanamkan bahwasannya perempuan itu rajin dan telaten sehingga untuk pekerjaan masak memasak, bersih-bersih atau apa pun pekerjaan rumah tangga merupakan kewajiban dari perempuan. Sedangkan untuk laki-laki telah ditanamkan bahwasannya mereka kuat, maka pekerjaan yang cocok yaitu di luar rumah. Dengan asumsi ini lah terjadi ketidakadilan gender yang semestinya tidak terjadi.
Apa pun pekerjaan yang berada di rumah merupakan tanggung jawab seluruh anggota keluarga sesuai dengan kemampuannya karena pekerjaan itu tidak memandang jenis kelamin mana yang cocok.
Perlu adanya upaya atau usaha kongkrit agar tidak ada lagi bentuk ketidakadilan gender yang merugikan. Usaha yang harus dilakukan yaitu: melakukan pendidikan yang sensitif gender seperti mengubah asumsi peran laki-laki dan perempuan sejak dini pada anak-anak, membagi tugas atau pekerjaan rumah tangga kepada seluruh anggota keluarga, kemudian tentunya saling pengertian antar anggota keluarga.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar